Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman






email,domain,google apps





Saya yakin semua orang yang tau internet bisa membuat email. Membuat emai di Gmail, Yahoo Mail atau beberapa penyedia layanan email gratis lain memang sangat mudah, kita hanya cukup mengisi data-data yang diminta maka jadilah email kita.

Okee... judul tulisan ini memang "Membuat Email Dengan Domain Sendiri", tapi di sini saya tidak akan membuat tutorial tentang "Membuat Email Dengan Domain Sendiri". Saya hanya bermaksud berbagi pengalaman saya beberapa hari yang lalu saat membuat email dengan domain yang saya miliki yang juga menjadi domain blog ini yaitu yuyutwah.com.

Saya membuat email dengan domain yuyutwah.com menggunakan layanan dari Google yaitu Google Apps. Ini adalah pengalaman pertama saya membuat email dengan domain sendiri karena memang saya baru saja sempat membeli domain seperti yang pernah saya tulis pada posting sekitar 3 minggu lalu.

Mungkin pengalaman saya ini akan sedikit berguna buat kamu yang berkeinginan membuat email dengan domain yang kamu miliki atau kamu yang baru berkenginan akan membeli domain. Untuk menggunakan layanan Google Apps klik saja www.google.com/a/cpanel/domain/new lalu masukkan nama domain yang akan didaftarkan. Selanjutnya akan muncul halaman sign up dan disuruh memasukkan data-data yang diperlukan. Setelah semua data diisi klik lanjut dan akan dilanjutkan ke halaman setup. Di halaman setup masukkan username dan password yang diinginkan kemudian klik lanjut.

Sampai di sini akun Google Apps berhasil dibuat. Tapi untuk menggunakanya masih dibutuhkan pengaturan lebih lanjut. Kita harus melakukan verifikasi bahwa kita adalah benar-benar pemilik domain yang di daftarkan pada Google Apps. Banyak pilihan cara untuk verifikasi, tapi di sini saya melakukan verifikasi dengan menempatkan kode meta tag pada blog karena menurut saya cara ini paling mudah.

Sampai tahap ini email sudah bisa dibuka, bahkan sudah bisa untuk mengirim email... yaa hanya bisa dibuka dan mengirim email, karena berdasarkan pengalaman saya coba mengirim email ke akun ini memang tidak terkirim. 

Nah disinilah saya mengalami kebingungan.... walaupun sudah banyak membaca tutorial tentang "cara membuat email dengan domain sendiri", tetap saja saya tidak paham mengenai setting DNS . Akhirnya saya minta bantuan pada customer service tempat saya membeli domain untuk dipandu setting via live chat. 

Setelah dipandu setting sampai selesai akhirnya email sudah bisa digunakan untuk mengirim dan menerima email. Dan sekarang email sudah bisa diakses melalui mail.yuyutwah.com. SELESAI!



Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 12:23 PM WIB

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: .

Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://yuyut-wahyudi.blogspot.com/2012/01/membuat-email-dengan-domain-sendiri.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.

Terdapat 14 komentar untuk artikel ini.

  1. BOleh dicoba ni.... gratisan opo bayar yak??? dg asumsi udah punyd TLD senditi :)

    BalasHapus
  2. layanan dari google apps gratis Mas Bro

    BalasHapus
  3. Saya juga pakai email google apps, tp setting DNS saya di cpanel hosting, jadi kalau server hosting lg down, emailnya jg bermasalah.

    BalasHapus
  4. @mobitricks: ho sejujurnya saya ngga ngerti tentang setting DNS, ini aja settingnya dipandu sama customer service rumah web

    BalasHapus
  5. Saya sudah pernah mencobanya gan tapi gag tw kenapa lelet banget buat ngirim dan nerima email, dan sekarang sy pke hosting sendiri saja yg lebih cepet. Best post lah . . .

    BalasHapus
  6. @Eko: kebetulan punyaku ngga ada masalah, yaa kalo bisa pake hosting sendiri bagus lah soalnya saya belum punya hosting sendiri

    BalasHapus
  7. waha saya sudah punya gan hehe

    O iya Like Or Follow Back yah pak

    BalasHapus
  8. @contoh surat: yaa baguslah kalo sudah punya hee...

    BalasHapus
  9. kayaknya mantap nih.. nanti di coba ahh...

    BalasHapus
  10. Kalau email selain Yahoo atau Gmail sendiri sih sering punya, dikasih kantor (dulu waktu masih kerja kantoran). Tapi sampai sekarang masih menikmati pakai Yahoomail dan Gmail. Gratis dan gak harus kerja kantoran. Hehe

    BalasHapus
  11. @An Ismanto: layanan yahoomail dan gmail juga cukup bagus kok biarpun gratisan, tapi kalo kita punya domain sendiri kan bisa dipake bikin email dengan layanan gratis juga seperti googleapps

    BalasHapus
  12. artikel yg menarik mas, dan saya suka, dan salam kenal dari mico ya, dan juga kalo ada teman2 yg suka dengan film horor,box office silakan kunjungi situs gue ok, dan terima kasih admin nya juga ok

    BalasHapus
  13. Menarik tapi sekarang sudah tidak gratis lagi.....

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar untuk menanggapi isi tulisan