Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman



cegukan,gambar orang cegukan



Tips cara mengatasi cegukan ini saya share karena beberapa hari yang lalu saya mengalami cegukan yang tak lazim seperti biasanya orang cegukan. Cegukan yang saya alami terjadi berkali-kali dalam sehari sehingga saya merasa sangat terganggu dengan kejadian ini. Karena merasa sudah tidak tahan lagi saya mencari tips di google tentang cara mengatasi cegukan.

Sebelumnya, apa sih cegukan itu? Dan apa pula penyebabnya?
Cegukan secara medis dikenal dengan sebutan singultus, yaitu kondisi diafragma yang mengejang diluar kendali kita.
Cegukan biasanya terjadi karena tingkat karbondioksida dalam darah menurun drastis. Makanan pedas seperti cabai, lada atau kari juga bisa menimbulkan cegukan. Terlalu banyak minum alkohol juga bisa menyebabkan iritasi pada sistem saraf yang mengendalikan diafragma sehingga menyebabkan kejang pada otot yang memicu cegukan. Cegukan juga menandakan sinyal dari dari tubuh bahwa kita terlalu banyak makan. 

Cara Mengatasi Cegukan yang Tak Kunjung Sembuh
Cara mengatasi cegukan yaitu dengan mengatur nafas dan rileks. Tariklah nafas dalam-dalam kemudian kelurkan perlahan, ulangi sampai beberapa kali. Bisa juga dengan teknik bernafas dengan menghirup udara dari salah satu lubang hidung untuk kemudian dikelurkan dari lubang hidung yang satunya.
Tekniknya seperti ini, tutuplah lubang hidung sebelah kiri hirup udara dari lubang hidung sebelah kanan kemudian keluarkan udara dari lubang hidung sebelah kiri. Lalu lanjutkan dengan menghirup udara dari lubang hidung sebelah kiri dan keluarkan dari lubang hidung sebelah kanan. Lakukan teknik ini berulang-ulang.

Cara lain mengatasi cegukan yaitu dengan mencoba minum air tanpa bernafas. Ini dilakukan untuk menaikkan kadar karbondioksidadan menstimulasi saraf vagus.
Tetapi jika sudah melakukan beberapa teknik mengatasi cegukan seperti diatas dan cegukan tak kunjung sembuh, dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang bisa mengatasi cegukan yang tentunya harus dengan resep dokter.

Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 9:38 AM WIB

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: , , .

Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://yuyut-wahyudi.blogspot.com/2012/07/cara-mengatasi-cegukan-yang-tak-kunjung.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.

Terdapat 6 komentar untuk artikel ini.

  1. saya sering berkunjung di blog blog, postingan ini sangat menarik serta enak di baca tentang cara mengatasi cegukan.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus
  2. Mantap semoga kalau cegukan tak berkepanjangan

    BalasHapus
  3. Ane coba tips'a dlu ea... kbetulan lg cgukan dri pgi. sngattt mngganggu bgtttzzzzz.....

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar untuk menanggapi isi tulisan