Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman


tampilan tianika.com saat di hack




Gambar diatas adalah tampilan blog tianika.com saat dihack kemarin, Minggu pagi 11/03/02.
Kaget, itulah yang saya rasakan ketika tau blog tianika.com yang menggunakan wordpress self-host ini dihack. Karena pengalaman yang masih minim menggunakan blog wordpress saya tidak bisa berbuat apa-apa saat ini terjadi. Dalam pikiran saya, buat apa sih si hacker itu menyusup di tianika.com? Isinya juga biasa-biasa saja, jarang update, malah saya lebih sering mengurusi blog yuyutwah.com ini daripada tianika.com.

Kemudian saya menghubungi pihak tempat saya menyewa hosting, karena hari Minggu Customer service bagian teknis baru online mulai jam 2 siang. Setelah dibuatkan laporan oleh customer service bagian penjualan untuk kasus saya ini saya menyerahkan sepenuhnya pada pihak hosting.

Setelah menunggu sampai jam dua lebih saya mengecek email dan ada pemberitahuan bahwa tianika.com  sudah normal kembali.
Berikut adalah kutipan email yang saya terima:


Salam,


Dari pemeriksaan yang kami lakukan, penyusup mengedit file pada theme yang Bapak gunakan sebelumnya evolve karena itu kami telah mengganti themenya menjadi theme default agar bisa tampil kembali.

Jika Bapak masih ingin menggunakan theme evolve, silahkan Bapak upload/instal ulang theme tersebut karena file theme yang sebelumnya telah diubah oleh penyusup.

Semoga dapat membantu.



Apapun maksud dan tujuan si hacker, saya hanya bisa mengucapkan terimakasih karena telah memperingatkan tentang sistem keamanan di blog saya. Ini memotivasi saya untuk terus lebih mendalami dunia blogging dan belajar tentang keamanan.

Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 3:59 PM WIB

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: , .

Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://yuyut-wahyudi.blogspot.com/2012/03/terimakasih-untuk-hacker-yang-mencoba.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.

Terdapat 15 komentar untuk artikel ini.

  1. selamat deh gan, blognya dah kembali ^_^ moga gak kena hack lg... btw pake jasa hosting mana nih???

    BalasHapus
  2. @Bung Sanjaya: iya Bung, aku pake hosting di rumahweb

    BalasHapus
  3. hal yang diperlukan apabila home blog kita di hack hanya mengganti themenya ke default ? kalau begitu sangat mudah ya , makasih infonya

    BalasHapus
  4. Lumayan masih di peringati.!
    Menurut saya hacker itu baik,karena hacker adalah eksplorasi dan keterbukaan informasi,biasanya orang BIN sering menggunakan ini.

    Yang jahat adalah cracker.!
    Adapun mereka yang inginnya merusak dan/atau sekedar menggunakan tools hasil karya orang lain, .

    BalasHapus
  5. bener bro, daripada si hacker ga ngelakuin deface, tp dia memanfaatkan space server kita buat keperluannya dia. Kita ga tau tp rugi, mending langsung di deface, kita jadi tau kalo ada yang bolong.

    yang penting jangn lupa selalu backup berkala. tetep semangat bro

    BalasHapus
  6. primbon saya sering dihack, kadang seluruh data dihapus habis, sampe capek upload kembali data yang ratusan MB dengan internet yang unlemoted ini, klo make platform blogger relatif lebih aman, celahnya lebih sedikit, klo bisa jebol itu memang sudah niat banget kali...

    BalasHapus
  7. Blogku pernah beberapa kali disusupi hacker. Yg terparah, sampai user dan passwordku diganti.. akhirnya aku selamatkan via phpmyadmin.

    BalasHapus
  8. untung aja ngak kenapa2...
    lbh aman blogspot dah :)
    wkwkwk (kali)

    BalasHapus
  9. Mkasih nih informasinya gan moga sukses terus...

    BalasHapus
  10. Untung blog saya nggak pernah dihack, trs kira2 gmna cara'y biar ga kena hack?

    BalasHapus
  11. ada-ada aja ya gan..
    tapi ga apa-apa, ada masalah baru, ada ilmu baru juga.
    makasih infonya..

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar untuk menanggapi isi tulisan