Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman




Jika memiliki stok madu dalam jumlah banyak, sebaiknya perhatikan cara penyimpanannya. Kadang, madu yang disimpan terlalu lama akan mengkristal atau membentuk gumpalan-gumpalan.  
Apakah madu mengkristal aman dikonsumsi? 

Madu tidak akan kadaluwarsa. Tapi, madu yang disimpan lebih dari dua tahun bisa mempengaruhi rasa madu. Madu yang mengkristal masih bisa dikonsumsi. Kadang malah ada orang yang lebih menyukai madu yang mengkristal karena saat dikonsumsi madu akan meleleh di mulut seperti permen.

Tapi jika madu yang Anda miliki mengkristal dan ingin mencairkannya kembali, ini caranya:

Lelehkan madu dengan dipanasi
Panaskan secara perlahan agar madu tidak rusak. Letakkan toples madu dalam panci berisi air hangat, atur panasnya pada suhu sedang dan aduk hingga kristal larut.
Cara cepatnya, panaskan madu dengan microwave selama 30 detik, aduk rata biarkan dingin selama 20 detik kemudian panaskan lagi 30 detik. Jika masih terdapat butiran kristal, panaskan lagi seperti cara tadi.

Setelah meleleh, butiran-butiran madu akan menghilang untuk sementara. Tetapi jika tidak segera digunakan, madu bisa saja kembali mengkristal.

Agar madu tahan lama, madu juga bisa disimpan dengan cara dibekukan.  Cairkan kembali pada saat madu akan digunakan. Madu yang disimpan dengan dibekukan dapat mencegah kristalisasi.

Ingin tau apasaja manfaat madu? silakan baca Madu, Lezat dan Kaya Manfaat



Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 9:54 AM WIB

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: , .

Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://yuyut-wahyudi.blogspot.com/2013/04/madu-mengkristal-amankah-dikonsumsi.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar untuk menanggapi isi tulisan